Kata-Kata Pelantikan dan Tanya Jawab Calon Anggota Saka Bhayangkara

Kata-Kata Pelantikan dan Tanya Jawab Calon Anggota Saka Bhayangkara

Bissmilahirrahmannirohim
Assalamu’alaikum wr wb
Salam pramuka!

Adik – adik yang saya hormati dan saya banggakan,

Sebentar lagi saya selaku pamong saka bhayangkara akan melantik adik – adik yang berada dihadapan saya untuk menjadi anggota saka bhayangkara di ranting ini

Sebelum itu dengan disaksikan oleh semua hadirin saya ingin menyampaikan beberapa pertanyaan terlebih dahulu yang hendaknya adik – adik jawab dengan jelas dan tegas.

Adik- adik dapat menjawab “siap”untuk ya dan “siap tidak” untuk menjawab jika adik- adik tidak siap.

Pertanyaan pertama :

Apakah adik – adik bersedia untuk menjadi anggota saka bhayangkara di ranting ini dengan suka dan rela?

Pertanyaan kedua :

Apakah adik – adik menyetujui isi dari anggaran dasar dan anggran rumah tangga gerakan pramuka serta ketentuan – ketentuan yang ada di dalam saka bhayangkara?

Pertanyaan ketiga :

Sebagai konsekuensi atas persetujuan adik – adik terhadap isi angaran dasar dan anggaran rumah tangga gerakan pramuka saka bhayangkara bersediakah adik – adik memberikan bantuan dan dukungan serta bimbingan secara moril, materil, spiritual, bagi perkembangan saka bhayangkara?

Pertanyaan keempat dan terakhir :

Sebagai persetujuan adik – adik menjadi anggota saka bhayangkara ranting banjarwangi bersediakah adik – adik mengucap ulang janji tri satya sebagai janji anggota pramuka ?

Kepada petugas pembawa bendera dipersilahkan maju…

Perlu saya ingatkan bahwa janji yang akan adik – adik ucapkan selain disaksikan oleh seluruh hadirin di tempat ini kita juga harus yakin bahwa janji yang nanti kita ucapkan juga disaksikan oleh tuhan yang maha esa.

Selanjutnya kepada adik yang bernama : ................ dan ................ untuk mewakili calon anggota saka bhayangkara saya persilahkan untuk memegang ujung bendera merah putih dengan tangan kanan dan dirapatkan di dada disebelah kiri hal ini mengingatkan kita bahwa selama jantung kita berdenyut kita harus selalu ingat terhadap janji yang pernah kita ucapkan saat ini.

Sebelumnya saya persilahkan adik – adik untuk berdo’a terlebih dahulu kepada tuhan yang maha esa berdo’a di mulai 

selesai.

Selanjutnya ikuti kata – kata saya.

Tri satya
- demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh – sungguh menjalankan kewajiban ku terhadap tuhan  dan negara kesatuan republik indonesia dan mengamalkan pancasila.
- menolong sesama hidup dan ikut serta  membangun masyarakat.
- menepati dasa dharma.

Kepada petugas pembawa bendera dipersilahkan kembali ke tempat semula.

Dengan demikian adik – adik telah resmi saya lantik sebagai anggota saka bhayangkara

Dan saya ucapkan selamat semoga tuhan yang maha esa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita sehingga kita dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab kita
aamiin.

Selesai……

Terima kasih
Assalamu'alaikum wr wb
Salam pramuka!
Categories : Informasi

BAGIKAN